1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini komputer merupakan suatu
kebutuhan yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia. Komputer merupakan
sebuah alat bantu yang digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengambil
kembali data atau informasi yang diperlukan. Berbagai aktivitas kehidupan
manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer adalah seperti dunia
perbankan, perdagangan, industri, transportasi, kesehatan, pendidikan, seni,
penelitian, rekreasi, pertahanan dan keamanan, serta komunikasi. Dalam
penggunaan komputer pasti tidak terlepas dari aplikasi multimedia, baik berupa
audio, visual, maupun yang bersifat audio visual.
Aplikasi multimedia ini pun berkembang
dan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang
semakin melangkah maju. Perkembangan multimedia dalam beberapa tahun belakangan
ini telah menimbulkan suatu pertanyaan apakah pembatasan terhadap akses
informasi dan kebebasan berekspresi masih tetap berlaku. Seperti kita ketahui,
sekarang ini perkembangan dari teknologi multimedia telah melampaui
batasan itu.
1.2 Batasan Masalah
Batasan masalah yang dibahas untuk membatasi meluasnya ruang
lingkup pembahasan adalah:
§ Pengertian perkembangan aplikasi
multimedia.
§ Perkembangan aplikasi multimedia di
Indonesia, serta perkembanganya di kehidupan seperti dalam bidang perusahaan.
§ Aspek-aspek pendorong berkembangnya
aplikasi multimedia.
1.3 Tujuan Penulisan
Ada pun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk:
§ Menjelaskan arti dari Aplikasi
Multimedia.
§ Memberikan informasi kepada semua
orang tentang perkembangan aplikasi multimedia.
§ Menunjukkan contoh dan penerapan
aplikasi multimedia untuk bersaing dibidang perusahaan.
2.1 Pengertian
Aplikasi Multimedia
Multimedia pada umumnya dipahami oleh orang sebagai suatu
fasilitas atau tingkat pencapaian teknologi pada Personal Compuer (PC). Sebuah
PC dikatakan multimedia apabila dilengkapi dengan berbagai media tambahan,
interface, atau disebut sebagai aplikasi, sehingga PC tersebut memiliki
kemampuan tidak hanya dapat menampilkan teks atau gambar saja, tetapi juga
suara dan gambar bergerak (video atau animasi), serta mampu melakukan
komunikasi dengan PC atau media yang lain. Inilah yang kita sebut sebagai
aplikasi multimedia.
Ada beberapa contoh dari aplikasi multimedia, yaitu
video conferencing, groupware, games dan virtual reality. Video Conferencing
adalah suatu alat komunikasi jarak jauh untuk menampilkan suara dan citra gerak
dalam suatu jaringan computer. Groupware adalah aplikasi perkantoran yang biasa
digunakan untuk berkalobarasi dengan para pegawai. Virtual Reality adalah suatu
aplikasi yang dimana penggunanya merasa ada disuatu situasi buatan yang
kelihatan nyata. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Ted Nelson juga
menyatakan bahwa aplikasi Multimedia adalah suatu bentuk yang menggunakan
sekumpulan ragam media dan contoh dari aplikasi tersebut adalah hipermedia.
Hipermedia sendiri adalah istilah yang pertama kali
ditemukan untuk mewakili suatu konsep penyajian non linier dalam berbagai
bentuk-bentuk format dan saling terhubung dan format2nya yaitu dalam bentuk
gambar, animasi, video, dll.
2.2 Pengertian
Perkembangan Aplikasi Multimedia
Perkembangan aplikasi multimedia adalah suatu tahapan
perubahan dari aplikasi multimedia kearah yang lebih maju dan lebih sempurna,
sehingga aplikasi multimedia tersebut menjadi lebih baik. Aplikasi
multimedia juga dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile,
video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based
Training.
2.3 Perkembangan
Aplikasi Multimedia di Indonesia
Setelah satelit Palapa C1 dan C2, banyak bermunculan
perkembangan baru di Negara kita ini. Misalnya, diluncurkan satelit komunikasi
di atas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana
pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti
PT. Bakri Communication Corporation yang menanamkan sahamnya pada project Irridium.
Irridium ini adalah sebuah proyek telepon satelit dunia untuk memecahkan
masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM. Indosat pun masuk
menjadi salah satu yang menanamkan modal pada ICO Global Communication
(ICO-GC). Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi
teknologi mengenai multimedia masih asing di telinga masyarakat Indonesia.
Teknologi multimedia selalu diartikan sebagai Personal Computer (PC). Padahal
pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan penggabungan teknologi
informasi dengan teknologi komunikasi.
Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya ada
di bidang bisnis tetapi juga dikembangkan di bidang pendidikan, politik,
hiburan kesehatan. Meskipun orang tidak mempercayainya, tetapi pada kenyataan
sekarang ini bisnis multimedia mulai tumbuh di Indonesia. Pada Tahun 1993,
awalnya Satelindo menjadi perusahaan swasta pertama yang terjun di bisnis
multimedia layanan satelit ketika meluncurkan Satelit Palapa C1, Satelit Palapa
C1, lalu C2. Satelit-satelit ini telah digunakan secara luas oleh beberapa
negara ASEAN. Indonesia sendiri menggunakannya untuk layanan komunikasi yang
dikelola oleh Telkom dan Indosat, juga untuk layanan siaran 5 televisi swasta,
televisi dalam negeri seperti TVRI, 5 saluran siaran langsung televisi satelit
Indovision (Direct Broadcasting Satellite) yang kini sudah berkembang menjadi
19 saluran dan berkualitas digital.
PT Media Citra Indostar pun tidak mau kalah dan telah
meluncurkan satelit Cakrawarta-1 untuk menggantikan kerja Satelit Palapa C2
dalam menyiarkan siaran Indovision. Dengan satelit ini nantinya Indovision akan
menyelenggarakan layanan yang bisa disebut layanan interaktif, layanan
telekonferensi, video on demand (VoD), home shopping, home banking, serta
komunikasi data (Internet).
Semakin berkembangnya telkomunikasi
di Indonesia, ada dua perusahaan multimedia baru lainnya yang akan
beroperasi dengan jaringan kabel serat optik, yaitu PT Indonusa Telemedia dan
Multimedia Nusantara. Perusahaan-perusahaan multimedia lainnya yang akan
menyusul adalah PT Multi Media Asia Indonesia, PT Yasawirya Tama Cipta,
sehingga Indonesiasekarang boleh dikatakan telah memasuki era industri
multimedia.
2.4 Perkembangan
Aplikasi Multimedia di Kehidupan
Perkembangan aplikasi multimedia di kehidupan banyak
terdapat di berbagai bidang, diantaranya adalah dalam bidang pendidikan,
bisnis, dunia hiburan, kesehatan, dan politik.
2.5 Aplikasi multimedia
untuk keunggulan bersaing di perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di
berbagai bidang antara lain :
§ sistem
informasi dan pemasaran. Aplikasi pada bidang pengembangan sumber daya manusia.
§ Aplikasi dalam Bidang Produksi
§ Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
§ Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
§ Aplikasi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
§ Aplikasi
Multimedia pada SIM (Sistem Informasi Manajemen),Decision Support System (DSS)
dan Executive Information System(EIS)
§ Aplikasi
Otomatiasasi Kantor (OK)
§ Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
a.
sistem
informasi dan pemasaran. Aplikasi pada bidang pengembangan sumber daya manusia
Dalam
bidangg sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup
baik dan menarik. Dalam bidang pelatihan ini dikenal dengan istilah computer
based training (CBT). Perusahaan installhield membuat perangkat lunak
multimedia yang khususkan untuk training. Banyak perusahaan menggunakanmultimedia untuk mengurangi biaya
training dan memperbaiki produktivitas pegawai.
b.
Aplikasi
dalam Bidang Produksi
Apliaksi
multimedia dalam bidang produksi, khususnya dalam rumah produksicukup
mengagumkan. Namun baru-baru ini perhatian dalam aplikasi bisnis telahmencapai titik
yang diperkirakan mewakili lebih dari 30 persen kegiatan multimedia.Dalam waktu
yang relatif singkat, multimedia telah membuktikan dirinya sebagai peralatan bisnis.
c.
Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang
pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber
pinjaman, dan perbankan
d.
Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
Multimedia juga diaplikasikan dalam bidang Sistem
Informasi, yaitu aplikasiSistem
Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM),
aplikasiDecision Support System (DSS), dan aplikasi Executive Information
System (EIS).
e.
Aplikasi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Aplikasi
dalam SIA, misalnya laporan akuntansi yang ditampilkan dapat meliputikomentar
audio, penjelasan dan saran. Istilah documendia telah dibut untuk
menjelaskandokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
f.
Aplikasi
Multimedia pada SIM (Sistem Informasi Manajemen),Decision Support System (DSS)
dan Executive Information System(EIS)
Aplikasi multimedia pada SIM (Sistem Informasi
Manajemen) dan DecisionSupport System (DSS) untuk meningkatkan komunikasi,
sangat cocok bagi output darimodel matematika. Grafika tiga dimensi, disebut 3-space,
dapat digunakan untuk menampilkan
model dalam bentuk grafik.Decision Support
System (DSS) yang berfungsi untuk membantu eksekutif mengambil keputusan,
membantu para wiraniaga dan membantu analis. Sebelummenggunakan DSS ini,
untuk mencari informasi bisa sampai satu hari, sekarang denganadanya DSS ini cukup dengan beberapa menit saja.
Dapat menganalisis data dengan berbagai cara. DSS membantu untuk
meningkatkan produktivitas karyawan, yangmenjadikan perusahaan dapat
bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.EIS
(Execuitve Information System) berbasis multimedia semakin menarik.Dengan Executive Information System, para
eksekutif dapat memanipulasi dan
menyaring
data sehingga data tersebut lebih mempunyai arti dan bersifat strategis
secaranyata serta dapat menciptakan sinergi dalam pembuatan keputusan.
g.
Aplikasi
Otomatiasasi Kantor (OK)
Dua aplikasi multimedia yang populer cocok untuk area
Otomatisasi Kantor.Yang satu, workgroup computing, memungkinkan beberapa
orang untuk memakaikomputer yang sama pula. Aplikasi OK yang lain adalah
desktop video conferencingyang memungkinkan para peserta melakukan konferensi
video sambil duduk di mejamasing-masing, dengan menggunakan layar komputer mikro
atau televisi yangtersambung.
Sedangkan Aplikasi multimedia dalam sistem pakar (Expert System) dipakaiuntuk membantu menentukan konfigurasi yang tepat,
memecahkan masalah yang rumit,dan lain-lain.
h.
Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia di perusahaan yang menonjol tertuju
pada aktivitas pemasaran,
khususnya aktivitas promosi. Aktivitas promosi meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, public
relation dan penjualan langsung termasuk penjualan lewat Internet.
Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat,
karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
Contoh dari aplikasi ini adalah:
–Periklanan televisi
–Interactive
Multimedia Merchandising (cara perusahaan untuk menjangkau dan melayani
–pelanggan)
–Merchandising Kiosk
–Video Kiosk
–Virtual Shopping
–Comparison Shopping
–Mass Market Application
2.5. Kriteria
Pembangun Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia dapat berkembang dengan sangat pesat
jika didukung oleh fasilitas yang memadai. Fasilitas-fasilitas ini dapat berupa
perangkat keras atau disebut hardware, perangkat lunak atau bisa juga disebut
software, serta yang paling penting adalah brainware.
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan
kemampuan aplikasi multimedia, paling tidak memiliki kompenen yang disebut
kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon.
·
Kartu
suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
·
Speaker
adalah peranti untuk menyajikan suara.
·
Mikropon
adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya
komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut. Untuk membentuk
aplikasi multimedia, bermacam-macam peralatan dapat digunakan.
Untuk
menciptakan sebuah aplikasi multimedia, perangkat lunak atau software pun
menjadi faktor utama yang sangat berpengaruh dalam pembuatannya. Perangkat
lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia
disebutmultimedia authoring system (atau sering disebut authoring
software). Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring
software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director.
Apa itu
brainware? Brainware adalah kemampuan dari otak manusia untuk menciptakan
sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah. Intinya adalah otak sebagai pencipta
yang berasal dari kreatifitas manusia untuk menciptakan sesuatu yang berguna
untuk semua orang. Tanpa kreatifitas, tidak akan lahir ide-ide inovasi
pembuatan aplikasi multimedia.
2.6. Aspek-Aspek
Pendorong Berkembangnya Multimedia
Dari hari kehari perkembangan multimedia semakin maju, hal
ini disebabkan akibat semakin beraneka ragamnya kebutuhan multimedia. Selain
itu, semakin banyaknya software yang bermuculan pun menjadi salah satu penyebab
pembuatan aplikasi berbasis multimedia. Bermacam-macam kebutuhan akan informasi
juga dapat mendorong multimedia semakin berkembang. Aspek-aspek yang memacu
perkembangan multimedia diantaranya adalah hobi, telekomunikasi, consummer electronic,
TV, movie, broadcasting industry, publishing house, dan sebagainya. Manusia
dengan hobi bereda-beda memunculkan ide-ide baru yang tidak lain dapat
mengembangkan multimedia. Industri yang sebagian besar menggunakan alat-alat
multimedia pun menjadi faktor besar munculnya multimedia baru.
0 komentar:
Posting Komentar