Pemasaran
merupakan area furngsional pertama yang menunjukan minat pada SIM. Setelah
konsep SIM muncul, para pemasar menyesuaikannya ke area aplikasi mereka dan
disebut dengan Sistem Informasi pemasaran. Model grafis MKIS (Marketing
Information System) menjadi dasar untuk mengorganisasikan semua system
informasi fungsional.
Subsistem
yang digunakan adalah subsistem input yang merupakan pengumpulan data dan
informasi dari dalam perusahaan dan lingkungan. database dan subsistem output yang mengubah data menjadi informasi.
System
informasi pemasaran terdiri dari tiga subsistem input : SIA, penelitian
pemasaran, dan intelejen pemasaran. Subsistem output mengarah kebutuhan
informasi dari empat unsure bauran pemasaran (produk, tempat, promosi dan
harga) ditambah intelejensi kesempatan.
1.1 Definisi
Sistem adalah
suatu yang sususnan yang teratur dari kegiatan–kegiatan yang saling berkaitan
dan susunan prosedur yang saling behubungan, yang melaksanakan dan mempermudah
kegiatan–kegiatan utama organisasi / instruksi.
Informasi adalah
data yang telah diproses / diolah sehingga memiliki arti / manfaat yang berguna
sedangkan data adalah fakta-fakta,
angka –angka atau statistik-statistik yang daripadanya dapat menghasilkan
kesimpulkan Manajemen : sebagai
proses, manejemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu
pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan
bersama.
Sebagai
subyek, manejemen adalah orang (atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan
tersebut. Jadi, SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam
suatu system (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat
intern dan ekstern) kepada manajemen sebagai dasar pengambilan
keputusan.
System
informasi manajemen merupakan system informasi yang menghasilkan hasil keluaran
(output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan
untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen didalam
organisasi perusahaan. SIM digunakan untuk mendukung informasi yang dibutuhkan
oleh semua tingkatan manajemen. Kumpulan dan interaksi system-siistem informasi
yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan
informasi yang berguna semua tingkatan manajemen didalam kegiatan pelaksaan dan
pengendalian.
Sumber
daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya
tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya
tersebut menjadi tidak efisien/using. Contoh penggatian sumber daya : upgrade
mesin, rekruitmen pegawai baru, dsb.
Tugas Manajer meliputi
:
1)
Pengolaan sumber daya fisik dan mencakup
pengolaan sumber daya konseptual.
2)
Mendapatkan data mentah lalu mengolahnya
sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan
secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi
yang usang.
3)
Titik kontak dimana sistem komputer
memberikan informasi kepada manajer atau dimana manajer memberikan data kepada
sistem komputer.
4)
Bentuk komunikasi antara manajer dan
komputer :
a) Pengembangan
program computer
b) Dialog
atau menyelami file
c) Mengakses
data
d) Memasukkan
input
Manajeman Informasi
adalah “seluruh kegiatan memperoleh
informasi, menggunakan seefektif mungkin dan membuangnya disaat yang tepat. ”
Semua system informasi memiliki 3 (tiga) unsur atau
kegiatan utama, yaitu:
1.
Menerima data sebagai masukan (input).
2.
Memproses data dengan melakukan
perhitungan, penggabungan unsure data, pemutakhiran perkiraan dan lain-lain.
3.
Memperoleh informasi sebagai keluaran
(output).
Prinsip
ini berlaku baik untuk system informasi manual, elektromekanis maupun komputer .
nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan. Hal ini berarti bahwa bila
tidak ada pilihan atau
Keputusan.
Informasi menjadi tidak diperlukan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan
berulang yang sederhana sampai keputusan srategis jangka panjang. Sedangkan
parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi tersebut, ditentukan dari dua
hal pokok yaitu Manfaat (benefit) dan Biaya (cost).
0 komentar:
Posting Komentar