SISTEM INFORMASI PEMASARAN

Senin, 08 Oktober 2012



Pemasaran merupakan area furngsional pertama yang menunjukan minat pada SIM. Setelah konsep SIM muncul, para pemasar menyesuaikannya ke area aplikasi mereka dan disebut dengan Sistem Informasi pemasaran. Model grafis MKIS (Marketing Information System) menjadi dasar untuk mengorganisasikan semua system informasi fungsional.
Subsistem yang digunakan adalah subsistem input yang merupakan pengumpulan data dan informasi dari dalam perusahaan dan lingkungan. database dan subsistem  output yang mengubah data menjadi informasi.
System informasi pemasaran terdiri dari tiga subsistem input : SIA, penelitian pemasaran, dan intelejen pemasaran. Subsistem output mengarah kebutuhan informasi dari empat unsure bauran pemasaran (produk, tempat, promosi dan harga) ditambah intelejensi kesempatan.
1.1  Definisi
Sistem adalah suatu yang sususnan yang teratur dari kegiatan–kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling behubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan–kegiatan utama organisasi / instruksi.
Informasi adalah data yang telah diproses / diolah sehingga memiliki arti / manfaat yang berguna sedangkan data adalah fakta-fakta, angka –angka atau statistik-statistik yang daripadanya dapat menghasilkan kesimpulkan Manajemen : sebagai proses, manejemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan bersama.
Sebagai subyek, manejemen adalah orang (atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan tersebut. Jadi, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu system (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan.
System informasi manajemen merupakan system informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen didalam organisasi perusahaan. SIM digunakan untuk mendukung informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Kumpulan dan interaksi system-siistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna semua tingkatan manajemen didalam kegiatan pelaksaan dan pengendalian.
Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien/using. Contoh penggatian sumber daya : upgrade mesin, rekruitmen pegawai baru, dsb.
Tugas Manajer meliputi :
1)      Pengolaan sumber daya fisik dan mencakup pengolaan sumber daya konseptual.
2)      Mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang.
3)      Titik kontak dimana sistem komputer memberikan informasi kepada manajer atau dimana manajer memberikan data kepada sistem komputer.
4)      Bentuk komunikasi antara manajer dan komputer :
a)      Pengembangan program computer
b)      Dialog atau menyelami file
c)      Mengakses data
d)     Memasukkan input
Manajeman Informasi adalah “seluruh kegiatan memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin dan membuangnya disaat yang tepat. ”
            Semua system informasi memiliki 3 (tiga) unsur atau kegiatan utama, yaitu:
1.      Menerima data sebagai masukan (input).
2.      Memproses data dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsure data, pemutakhiran perkiraan dan lain-lain.
3.      Memperoleh informasi sebagai keluaran (output).
Prinsip ini berlaku baik untuk system informasi manual, elektromekanis maupun komputer . nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan. Hal ini berarti bahwa bila tidak ada pilihan atau


Keputusan. Informasi menjadi tidak diperlukan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan srategis jangka panjang. Sedangkan parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi tersebut, ditentukan dari dua hal pokok yaitu Manfaat (benefit) dan Biaya (cost).

0 komentar:

Posting Komentar